Kuliner Ikonik Indonesia yang Menggugah Selera Makan

Kuliner Ikonik Indonesia yang Menggugah Selera Makan
Kuliner Ikonik Indonesia

Kuliner ikonik Indonesia memang seringkali menjadi pilihan banyak orang. Hal tersebut karena makanan-makanan tersebut tersebar di berbagai daerah.

Biasanya menu-menu tersebut disantap pada waktu liburan. Hampir setiap wilayah tanah air mempunyai cita rasa kuliner tersendiri. Berbagai makanan tersebut dipengaruhi oleh bumbu yang khas.

Tanah air juga dianugerahi dengan ragam rempah-rempah yang mendunia. Berkat rempah-rempah tersebut citarasa makanan yang ada di dalam negeri bertambah lezat.

- Iklan -

Bahkan setiap jenis kuliner tersaji dengan rasa bervariasi. Menariknya tidak jarang menu-menu kuliner yang dilestarikan berasal dari hasil turun-temurun para penggagasnya di suatu daerah.

Saat berkunjung ke berbagai daerah Anda akan menemukan beberapa perbedaan citarasa. Mulai dari kawasan Jawa Timur yang terkenal dengan berbagai cita rasa makanan asin, pedas, dan berkuah.

Saat beralih wisata ke kawasan Jawa Tengah dan Jogjakarta Anda juga mendapati menu-menu kuliner bercitarasa tinggi.

Tidak jarang orang memanfaatkannya sebagai oleh-oleh saat berwisata. Bagi pecinta kuliner menikmati makanan yang memiliki sejarah tinggi rupanya dapat menggugah selera makan.

Seperti makanan-makanan yang dibuat dengan rempah khas Indonesia. Berikut adalah makanan yang terkenal di dunia berkat rasa lezat dan ciri khas ikoniknya.

Kuliner Ikonik Indonesia yang Bernuansa Kuah

Kuliner Ikonik Indonesia yang Bernuansa Kuah
Bakso

Citarasa makanan khas tanah air disajikan lewat berbagai menu santapan sehari-hari. Variasinya selalu berbeda sesuai dengan menu hidangan tersebut. Seperti menu-menu makanan yang berkuah.

Umumnya hampir setiap daerah di tanah air mempunyai menu makanan yang berkuah. Untuk mendapatkan santapan berkuah yang lezat tidaklah sulit.

Pertama menu berkuah tersebu yaitu bakso. Menu yang satu ini sangat mudah dijumpai di berbagai wilayah. Pelancong dapat menemukannya di kedai dan warung makan di pinggir jalan.

Bakso menjadi salah satu menu ikonik dari Indonesia yang sudah mendunia. Menu ini bahkan disebut oleh Barack Obama.

Bakso merupakan menu berkuah yang biasanya disantap pada siang atau malam hari. Tidak hanya itu saja rupanya bakso kerapkali menjadi menu pembuka di berbagai hajatan tradisional.

Bakso terdiri dari kuah, bulatan pentol bakso, dan sayuran. Kuahnya dibuat menggunakan rempah-rempah khusus dipadukan dengan sayuran segar.

Sementara itu pentol bakso terbuat dari daging hewan yang sudah digiling halus. Daging yang digunakan biasanya seperti ayam dan sapi.

- Iklan -

Namun beberapa kalangan memberikan inovasi baru dengan membuat pentol bakso dari daging ikan tuna. Cara menyantap bakso dengan mencampur pentol, kuah dan sayuran serta saos.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Makassar yang Patut Dicoba

Kuliner Ikonik Indonesia Bertabur Sambal Pedas

Kuliner Ikonik Indonesia Bertabur Sambal Pedas
Sate Ayam

Makanan yang disantap menggunakan sambal memang nikmat. Apalagi jika menu tersebut disantap pada waktu malam hari. Salah satunya yaitu sate ikonik khas orang Indonesia.

Menu yang satu ini seringkali menjadi santapan masyarakat di dalam negeri. Bahkan sate disebut sebagai makanan tradisional di beberapa wilayah Indonesia.

Sate merupakan menu kuliner yang berbahan daging. Dagingnya bervariasi sesuai dengan jenis sate. Seperti daging kambing, sapi, ayam dan beberapa hewan lainnya.

Menariknya sate ayam dan kambing mempunyai penyajian yang berbeda. Sate ayam pada umumnya disajikan dengan potongan lontong. Di atasnya diberikan sambal yang pedas.

Kuliner gulai kambing
Gulai Kambing

Sementara itu sate kambing disajikan menggunakan nasi putih pedas. Biasanya penyajiannya ditambahkan kuah gulai kambing. Sehingga sate tersebut dimakan layaknya menu berkuah.

Satenya disantap menggunakan kecap yang sudah diaduk dengan sambal. Beberapa orang menyantapnya dengan kerupuk. Biasanya disantap pada siang atau malam hari.

- Iklan -

Pada akhirnya kedua menu berkuah dan bertabur sambal di atas menjadi ikon masyarakat Indonesia. Bakso dapat ditemukan di beberapa negara tetangga.

Sementara sate juga dapat dijumpai di kawasan perkotaan Jepang. Sate dan bakso hingga saat ini menjadi kuliner ikonik Indonesia yang menggugah selera masyarakat dunia.

Terima kasih sudah berkunjung di situs kami jika ada yang ingin disampaikan bisa hubungi kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk Follow instagram, Twitter dan Facebook kami.