Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal, Hasilnya Lembut dan Kenyal Cocok Untuk Dijual

Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal, Hasilnya Lembut dan Kenyal Cocok Untuk Dijual
Sumber: Nur Hafizz

Resep martabak manis mini, jajanan yang banyak sekali peminat nya dari semua kalangan pasti suka mau itu orang dewasa ataupun anak-anak. Untuk rasanya itu manis, kenyal dan lembut saat digigit.

Aku punya kabar baik buat kamu yang mau buat martabak mini dirumah, resep yang aku bgaikan ini dijamin anti gagal karna untuk pembuatan nya yang aku jelaskan cukup lengkap dan mudah jadi baut kamu tidak usah takut gagal. Ayuk langsung saja disimak resep dibawah ini.

Bahan-bahan Martabak Mini Manis

Perhatikan baik-baik resep dibawah ini jangan sampai terlewatkan. Untuk cetakan nya itu bisa pakai teflon, pakai cetakan kue lumpur atau cetakan kue apem.

Bahan Adonan Martabak Mini:

  • 300 Ml air putih hangat (takaran sendok 100 ml = 16 sendok makan, jadi 300 ml = 48 sendok makan).
  • 1/2 Sendok teh ragi instan.
  • 1 Sendok teh gula pasir.
  • 250 Grm tepung terigu (25 sdm).
  • 4 Sendok makan gula halus = 50 gr gula pasir (saya pakai gula pasir diblender).
  • 1/2 Sendok makan susu bubuk.
  • 1/4 Sendok teh baking powder.
  • 1/4 Sendok teh garam.
  • 3 Butir telur.
  • 30 Grm gula pasir = 2 sendok makan.
  • 1/2 Sendok teh baking soda.
  • 25 Grm margarin (Sudah di cair kan).

Toping Atasan Martabak Mini:

Untuk toping nya sesai selera kamu aja ya.

  • Kacang.
  • Coklat batang.
  • Nutella.
  • Oreo.
  • Gula pasir untuk taburan.
  • Margarin untuk olesan.
  • Messes.
  • Keju parut.

Cara Membuat Martabak Mini Manis

1. yang pertama saya mau Aktifkan raginya dulu siapkan gelas ada 300 mili air hangat, lalu masukkan setengah sendok teh ragi instan ke dalam gelas, lalu Masukkan satu sendok teh gula pasir kemudian masukkan sedikit air hangat ini bisanya nanti untuk adonannya lalu aduk hingga tercampur rata kemudian ini ditutup lalu ini didiamkan 5 menit Jika ragi masih aktif ini akan mengembang dan berbusa ya, setelah 5 menit ini ragi nya udah mengembang dan berbusa ya Jadi ini ragi nya masih aktif dan bisa digunakan.

Siapkan wadah lalu masukkan tepung terigu ini saya kaya ya untuk ukuran sendok ini nggak rata dan nggak tinggi menggunung juga tetapi penuh munjung, sekitar 25 sendok makan penuh ini sambil diayak mengunakan saringan supaya nggak ada tepung yang bergerindil ya, Masukkan satu setengah sendok makan susu bubuk atau setara 15 gram.


2. Kemudian masukkan 4 sendok makan gula halus ini saya pakai gula pasir yang diblender, lalu masukkan seperempat sendok teh garam seperempat sendok teh baking powder lalu ini diayak agar tidak ada bahan yang bergerilya, kemudian ini diaduk hingga tercampur rata lalu masukkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.

Kemudian masukkan ragi yang sudah diaktifkan sebelumnya lalu kita aduk-aduk lagi samapai tercampur rata hingga adonan nya halus licin dan gak ada tepung yang bergerindil ya, jika adonan sudah tercampur rata ini boleh di aduk sebentar dengan dipukul-pukul ke bagian pinggiran wadah, tujuan nya untuk menghasilkan sarang atau rongga yang banyak ketika memasak nanti ya.


3. Selanjutnya tutup adonan menggunakan kain atau serbet bersih ini di diamkan sekitar 30 menit ya. Sambil menunggu adonan, siapkan 1 buah wadah lalu masukan 2 sendok makan gula pasir, 3 butir telur, kemudian ini di aduk hingga tercampur rata dan gulanya larut ya. Setelah 30 menit , buka tutup adonan yang tadi kita diamkan.

Kemudian masukkan adonan telur dan gula lalu masukkan juga setengah sendok teh soda kue, lalu 4 sendok makan margarin yang telah dicairkan sebelumnya, kemudian ini di aduk lagi hingga tercampur rata hingga adonan nya halus licin dan gak ada yang bergerindil ya. Siapkan cetakan lalu Nyalakan Api nya, ini saya pakai api yang kecil banget ya, percikkan Air jika sudah ada bunyi cesss… berati cetakannya sudah panas dan bisa digunakan ya.


4. Kemudian setelah cetakannya panas tuang adonan ini saya tuang sekitar 1 sendok sop, setelah dituang tekan sendoknya sedikit seperti ini lalu bentuk membentuk putaran atau lingkaran agar menghasilkan rendah atau pinggiran, jadi ini ditekan sedikit lalu diputar sendoknya ya, lakukan hingga seluruh cetakannya penuh terisi adonannya lalu ini dimasak hingga matang.

Setelah beberapa saat akan bermunculan lubang-lubang atau rongga rongga kecil, kalau rongga nya belum mumcul ditunggu sebentar aja lagi sampai lubang nya mumcul, kalau lubang-lubang atau rongga nya ini semakin banyak boleh di taburi dengan gula pasir sedikit atau secukupnya sesuai selera.

Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal, Hasilnya Lembut dan Kenyal Cocok Untuk Dijual
Lubang-lubang sudah muncul.

5. Setelah ditaburi gula pasir tutup cetakan menggunakan tutupnya tutup kaca lalu ini dimasak hingga bagian atasnya ini mengering ya. jadi satu resep ini bisa menghasilkan tiga kali masak, untuk cetakan yang aku pakai bisa menghasilkan 21 martabak mini. Setelah bagian atasnya ini mengering, martabak mini nya udah matang, jadi sudah bisa diangkat.

Ini saya angkat menggunakan sendok tetapi sendok tidak usah ditekan sampai dalam supaya tidak merusak cetakannya Jadi cukup di bagian pinggirnya aja ya. Sesudah dipindahkan di piring dan selagi maratabak nya masih panas secukup nya, ini saya olesi tips-tips saja. Kalau mau pakai susu kental manis di olesi sedikit saja tapi ini sesuai selera kamu aja, kalau aku sendiri tidak pakai.

Kemudian untuk toppingnya sesuai selera ini saya pakai keju parut dan meses dituang secukupnya. nah ini dia martabak mini nya udah jadi hasilnya cantik banget ya kaka.

Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal, Hasilnya Lembut dan Kenyal Cocok Untuk Dijual

Video Cara Membuat Martabak Mini Manis:


Penutupan

Begitulah cara pembuatan martabak mini manis. Kamu tidak perlu lagi membeli jajanan yang satu ini diluar karna kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, bahan yang digunakan cukup murah dan ekonomis dan juga cocok banget buat kamu yang mau baru mulai usaha. Selamat mencoba!. Terima kasih yang sudah berkunjung di Aroma Rasa.

Baca Juga: Resep Ayam Geprek Pedasnya Melebihi Mulut Tetangga, Dijamin Enak!