Resep Bakpia Teflon Isi Kacang Hijau Sederhana, Rasanya Enak dan Lembut

Resep Bakpia Isi Kacang Hijau Teflon, Hasilnya Gurih dan Lembut
Cheff Lisa Lalisa

Resep bakpia isi kacang hijau, salah satu menu jajanan khas yang wajib banget kamu coba pada saat liburan di Jogja, tapi bagi kamu yang tidak bisa membeli bakpia ini diluar rumah karana ada covid-19 tenang saja karana kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

Untuk cara membuatnya itu tidak begitu susah karna kita tidak perlu menggunakan oven untuk memanggangnya cukup mengunakan teflon pastinya teman-teman punya dirumah, biarpun hanya dipanggang mengunakan teflon tapi untuk rasanya itu enak banget, empuk dan lembut. Langsung saja kita simak cara membuatnya dibawah ini.

Bahan-bahan Bakpia Kacang

Bahan Kulit Bakpia:

  • 250 Gram tepung terigu.
  • 50 Gram gula.
  • 40 Gram margarin.
  • 140 Ml air hangat.
  • 1 Sendok teh ragi instan.
  • 1/4 Sendok teh garam.

Bahan Isian Bakpia:

  • 250 Gram Kacang hijau.
  • 1 Saset susu kental manis.
  • 120 Gram gula pasir.
  • 80 Ml air.
  • 1/2 Sendok teh garam.
  • 1 Sendok teh vanili cair.
  • 1 lembar daun pandan.

Alat Yang Digunakan:

Alasan aku pakai food chopper karna dilengkapi dua mata pisau yang sangat tajam maka buat ngalusin kacang hijau nggak butuh waktu yang lama dan hasilnya benar-benar lembut, tapi kalau kamu tidak punya bisa pakai blander atau alat tumbuk.

- Iklan -
  • Teflon.
  • Food Chopper. (Kalau tidak punya bisa pakai blander)
  • Wadah. (Bisa berbentuk baskom atau mangkuk besar)
  • Nampan.
  • Plastik wrap.
  • Dandang kukus.

Cara Membuat Bakpia:

1. yang pertama kita bikin kulit bakpia, siapkan wadah masukkan tepung terigu saya gunakan tepung terigu protein sedang lalu masukkan gula halus, ragi instan, lalu kita campur semuanya, masukkan air, kita masukkan nya secara bertahap sambil terus diaduk ya kemudian pelan-pelan aku akan ulang dipakai tangan dan pastikan tangan sudah aku cuci bersih.

Setelah adonan setengah kali lalu masukkan margarin atau mentega, tambahkan juga sejumput garam, lalu kita uleni hingga adonan kalis. Nah setelah adonan kalis terasa lembut dan tidak lengket jika dipegang, lalu bulatkan untuk selanjutnya kita proofing tutup adonan menggunakan plastik wrap selanjutnya kita proofing selama kurang lebih 1 jam.

Apa Arti Proofing? Baca selengkapnya…


2. Sambil menunggu proses proofing kulit bakpia nya, Kita siapakan bahan untuk isian ini sebelumnya saya sudah rendam kacang hijau kupas kulit selama 2 jam, tapi jika teman-teman nggak ada kacang hijau kupas kulit bisa pakai kacang hijau yang biasa juga boleh ya. lalu kita masukkan ke dalam wadah, untuk selanjutnya kita kukus kukus selama 15 hingga 20 menit.

Setelah dirasa kacang hijau matang lalu angkat dan biarkan kacang hijau sampai benar-benar dingin, setelah dingin lalu kita halus kan ya, untuk alat menghaluskan nya aku menggunakan Food Chopper, tapi kalau kamu tidak punya bisa pakai blender atau alat penumbuk.


3. Langsung aja kita masukkan bahan-bahan kedalam balnder yaitu, masukan 250 gram kacang hijau, masukkan 50 gram gula pasir, 1 sendok teh garam, satu sendok teh vanili cair biar aromanya lebih wangi, kemudian kita tutup lalu kita nyalakan blander, kita haluskan hingga setengah halus dulu.

Kalau sudah setengah halus selanjutnya masukkan susu kental manisnya, masukkan juga air, lalu tutup blander nya kemudian kita nyalakan blandernya kembali, lalu kita haluskan sampai benar-benar halus, kalau sudah halus selanjutnya adonan kacang nya kita bagi menjadi beberapa bagian kemudian kita bulat-bulat kan dan kita tekan agak pipih sehingga terbentuk seperti foto dibawah dan lakukan hingga semuanya selesai, kalau semua sudah dibentuk kita sisihkan.

Resep Bakpia Isi Kacang Hijau Teflon, Hasilnya Gurih dan Lembut
pipihkan adonan kacang seperti ini.

4. Kemudian kita liat adonan kulit bakpia nya setelah satu jam lalu kita kempiskan, kemudian kita bagi menjadi beberapa bagian sesauikan dengan jumalah adonan isian, lalu kita buat juga menjadi bulat sama seperti adonan kacang. setelah terbagi semua siapkan loyang atau nampan taburi tipis-tipis dengan tepung agar memudahkan kita saat mengambilnya nanti ya.

Kita ambil satu bagian kulit lalu pipihkan kemudian taruh di tengahnya itu lalu kita tutup seperti ini agak dicubit-cubit biar rapi nah kira-kira seperti foto dibawah ya kita lakukan hingga semua adonan, Setelah semuanya selesai siapkan teflon lalu kita teta bakpia nya di atasnya teflon tutup dan panggang dengan api kecil kurang lebih selama 10 menit.

Resep Bakpia Isi Kacang Hijau Teflon, Hasilnya Gurih dan Lembut
Selimuti semua permukan isian nya.

5. Setelah kurang lebih 10 menit lalu kita balik bakpia nya (Info: karena antara teflon satu dan lainnya ketebalannya tidak sama sehingga berpengaruh dengan lamanya waktu memanggang sebaiknya sering-sering ditengok aja ya supaya nanti hasilnya tidak gosong)

Setelah semuanya selesai di balik lalu Tutup kembali teflon nya lalu panggang lagi selama kurang lebih 8 menit. Setelah matang lalu kita angkat, dan lalukan yang sama untuk bakpia lainnya hingga semuanya selesai dipanggang ya. Jika semua adonan bakpia sudah dipanggang siap disajikan.

Resep Bakpia Isi Kacang Hijau Teflon, Hasilnya Gurih dan Lembut

Penutupan

Begitulah cara pembuatan bakpia isi kacang hijau. Selamat mencoba!. Terima kasih yang sudah berkunjung di Aroma Rasa.

- Iklan -

Baca Juga: Resep Martabak Manis Mini Anti Gagal, Hasilnya Lembut dan Kenyal Cocok Untuk Dijual