Resep dan Tips Membuat Selai Nanas Manis, Gurih dan Tahan Lama

Resep dan Tips Membuat Selai Nanas
Selai Nanas

Resep dan tips membuat selai nanas, kelihatan cukup simpel dan sederhana. Kamu tidak perlu membelinya diluar karna harganya tergolong mahal, tidak ada salahnya jika kamu coba bikin sendiri di rumah.

Hasilnya pun begitu nikmat dan manis. Cocok juga di kombinasikan dengan roti dan isian kue nastar. Seperti apakah resepnya? Simak selengkapnya.

Bahan-bahan Selai Nanas:

  • 3 Atau 6 buah Nanas lokal, keseluruhan berat nanas sesudah diparut yakni kurang lebih 900 s/d 1000 gram.
  • 2-4 Batang Kayu Manis.
  • 2-3 Buah Cengkeh Kering.
  • ½ Sendok Teh Garam Halus.
  • 500 Sama dengan 600 gr Gula Pasir, sesuai selera.

Cara Membuat Selai Nanas:

1. Pertama kupas nanas dan buang bagian mata nya lalu cuci hingga bersih, kemudian parut nanas dengan menggunakan jenis parutan keju, sebaiknya hindari penggunaan parutan kelapa karena nantinya itu tekstur selai Jadi kurang berserat.

- Iklan -
Parut nanas menggunakan parutan keju
Parut nanas menggunakan parutan keju

2. Selain itu untuk bonggol nanas nya ini tidak perlu dibuang ya jadi tetap ikut diparut ya karena bagian bonggol nanas yang ada di tengah ini dapat memberikan tekstur yang bagus pada selai nanas.

Bagian bonggol nanas yang harus diparut
Bagian bonggol nanas

3. Siapkan bahan lainnya dan sekarang waktunya dimasak masukkan selai nanas ke dalam teflon atau wajan anti lengket, kemudian tambahkan 2 sampai 4 batang kayu manis, jika suka kamu juga bisa menambahkan 2 sampai 3 buah cengkeh kering.

4. Kemudian tambahkan setengah sendok teh garam halus aduk hingga rata. Lalu masak dengan menggunakan api sedang sekitar 15 menit sambil sesekali diaduk agar tidak rawan gosong.

5. Pastikan jangan sampai ada biji nanas yang ikut termasak ya agar hasil selai nanas nya itu enak maksimal dan tidak rawan gatal. Setelah 10 menit kandungan air selai nanas sudah mulai berkurang dan setelah 15 menit sekarang waktunya ditambahkan gula pasir.

6. masukan sekitar 500 sampai dengan 600 gram gula pasir sesuai selera. aduk rata dan lanjut dimasak dengan menggunakan api sedang selama sekitar 10 menit.

masukan gula pasir sesuai selera
Masukan gula pasir

Sekilas Info!

Kenapa gulanya ini ditambahkan di akhir? karena jika gula pasirnya itu ditambahkan di awal berbarengan dengan nanas nya gitu maka hasil selai nanas nya itu jadi rawan coklat dan gosong, kalaupun tidak gosong juga warnanya itu Jadi kurang cantik cenderung kecoklat-coklatan.

sementara jika gula pasirnya itu dimasukkan ketika nanasnya itu sudah benar-benar habis airnya Maka hasilnya itu gula jadi rawan mengkaramel dan menggumpal keras.

Jadi saat memasukkan gula pasir ini emang timing-nya itu harus tepat yaitu ketika nanas sudah mulai mengering dan masih menyisakan sedikit air untuk menyerap gula dengan begitu maka hasil selai bisa cantik dan tidak gosong.


Tampilan setelah 10 menit sesudah masukan gula pasir
Tampilan setelah 10 menit sesudah masukan gula pasir

7. Selanjutnya kecilkan apinya, lalu lanjut dimasak dan terus diaduk dengan menggunakan api kecil untuk durasinya itu sekitar 10 sampai dengan 15 menit.

8. Setelah 10 menit tampilan dasar teflon nya sudah cukup kering itu tandanya kandungan airnya sudah hampir habis, jadi ini terus kita aduk dan lanjut dimasak sekitar 5 menit lagi dengan menggunakan api kecil agar tidak gosong.

Penampilan dasar teflon nya cukup kering
Penampilan dasar teflon nya cukup kering

9. Setelah 15 menit bagian dasar teflon nya itu sudah berbusa tandanya air dalam selai nanas ini sudah benar-benar habis. matikan kompor, selesai. Jadi total waktu memasak selainnya ini sekitar 40 menit.

10. Masukkan ke dalam wadah yang tahan panas dan biarkan hingga selain benar-benar dingin. Karena memasaknya cukup lama dan kandungan air nya itu habis pastinya jika dibuat isian nastar juga hasilnya itu bisa awet sampai 4 hingga 5 bulan walau tanpa bahan pengawet.

- Iklan -

11. Jika selai sudah dingin agar lebih mudah segera bentuk selai sesuai selera, kalau kamu mau membentuk selai nya gunakan sarung tangan plastik agar tidak lengket ya, ini saya bentuk bulat-bulat dengan berat sekitar 3 gram.

bentuk adonan selai menggunakan sarung tangan plastik
Memakai sarung tangan plastik

12. Seperti diatas hasilnya, lakukan sisanya sehingga habis. Atau jika dibentuk dengan tangan telanjang agar tidak lengket sebaiknya pastikan tangan kita dalam keadaan selalu lembab, jadi sediakan secukupnya air minum lalu usapkan sedikit air pada telapak tangan kita asal sampai terasa basah, baru kemudian ambil secukupnya selai nanas dan bentuk sesuai selera.

bentuk adonan selai tanpa sarung tangan plastik
Tanpa sarung tangan plastik

13. Jika tangan sudah terasa kering dan lengket kembali basahi tangan dengan sedikit air dan lakukan hal yang sama sampai adonan selai nya sudah habis. Selesai! selai nanas siap dijadikan isian. selai ini bisa digunakan sebagai isi kue nastar atu olesan roti.


Tips Menyimpan Selai Nanas

Agar awet jika tidak langsung digunakan simpan bulatan selai ini di dalam kulkas, cuma pasti kan saat disimpan itu selainnya jangan ditutup ya karena jika selai nya Itu disimpan dalam keadaan tertutup maka permukaan selain jadi rawan berembun dan lengket.

Masukan selai nanas kedalam kulkas agar tahan lama
Masukan selai nanas kedalam kulkas

Jadi kalau sudah mengering dan keras ini bisa ditempatkan di wadah mangkuk dan disimpan di kulkas dalam keadaan tetap terbuka dengan cara menyimpan seperti ini maka selai nanas ini bisa awet kering dan bagus walau sampai 1 tahun di dalam kulkas.


By: TheHasanVideo

Penutupan

Beginilah cara membuat selai nanas sederhana yang enak dan tahan lama. Selamat mencoba dirumah.

Terima kasih sudah berkunjung di situs kami jika ada yang ingin disampaikan bisa hubungi kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk Follow instagram, Twitter dan Facebook kami.

- Iklan -