3 Rekomendasi Kuliner Jogja Paling Enak dan Murah, Wajib Kamu Coba

3 Rekomendasi Kuliner Jogja Paling Enak dan Murah, Wajib Kamu Coba
Rekomendasi Kuliner Jogja

Jogja sudah sangat terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang sudah mendunia. Tidak heran jika sangat banyak wisatawan lokal maupun manca negara yang mengunjungi kota ini. Sehingga tak terhitung tujuan wisata maupun tempat wisata kuliner Jogjakarta yang bisa dikunjungi.

Dari sekian banyak tempat wisata kuliner Jogja yang menawarkan beragam hidangan, baik bertema modern maupun tradisional khas Jogja, berikut ini tempat yang menyajikan hidangan khas Jawa dengan keunikan tersendiri.

1. Gudeg Mbah Lindu

 Gudeg Mbah Lindu
Gudeg

Bisa dikatakan tidak berwisata ke Jogja, kalau Anda belum mencicipi salah satu makanan khas setempat yang sudah terkenal di dunia, Gudeg.

- Iklan -

Banyak tempat yang menjajakan makanan khas Jogjakarta yang berbahan nangka muda ini. Sehingga Anda akan kesulitan untuk menghitung jumlah tempat wisata Jogjakarta yang menawarkan Gudeg.

Dari sekian banyak tempat yang menyajikan Gudeg di wilayah Malioboro dan sekitarnya, ada satu tempat beberapa ratus meter dari Malioboro yang menjadi salah satu legenda Gudeg di Kota Jogjakarta.

Gudeg Mbah Lindu, yang beralamat di Jl. Sosrowijayan No.30, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, menyajikan menunya pada sebuah pos kamling di depan Hotel Grage Ramayana.

Wisata kuliner Jogja yang telah menjadi legenda ini, mungkin bukan tempat yang cocok bagi Anda yang suka suasana yang cozy pada restoran atau ruang makan tertutup.

Karena tempat ini menyajikan menunya dengan suasana bersahaja khas Jogja tempo dulu, pada warung kaki lima di pinggir jalan.

Satu hal yang membuat Nama Gudeg Mbah Lindu dikenal oleh dunia adalah sejarahnya yang telah berjualan Gudeg sejak masa pendudukan Jepang di tanah air.

Cara memasaknya yang masih menggunakan tungku kayu bakar, dan perlengkapan memasak tradisional lain, menghadirkan cita rasa tersendiri pada Gudeg ini.

Sehingga walaupun harga jualnya tidak jauh berbeda dengan yang di rumah makan, yaitu Rp. 20.000, Gudeg ini laris diserbu pembeli lokal maupun wisatawan asing. Sehingga tempat ini sangat pantas, jika dijadikan monumen Gudeg di Jogjakarta.

Sekalipun Mbah Lindu telah meninggal pada bulan Juli tahun 2020 lalu, resep gudegnya masih tetap diteruskan oleh pewarisnya, untuk mempertahankan tradisi yang telah dikenal oleh dunia tersebut.

Baca Juga: Deretan Kuliner Indonesia Terancam Punah dan Sulit Ditemukan

2. Kopi Jos Angkringan Lik Man

Kopi Jos Angkringan Lik Man
Kopi Jos

Selain Gudeg, Jogjakarta juga memiliki banyak pedagang angkringan, yaitu istilah yang digunakan untuk penjual makanan kaki lima, dengan gerobak atau pikulan, yang menjajakan makanan ataupun minuman murah meriah dengan gaya khas Jogja.

Salah satu angkringan yang terkenal karena keunikannya adalah Angkringan Lik Man, yang berada tidak jauh dari Stasiun Tugu, Jogjakarta. Keunikan yang ditawarkan oleh angkringan ini adalah kreasinya dalam menyajikan kopi.

- Iklan -

Sebongkah arang yang masih membara dicelupkan ke dalam segelas kecil kopi, sehingga terdengar suara “joss…” dari bara yang padam saat terkena kopi, diiringi dengan semerbak aroma kopi hitam yang unik.

Demikianlah cara unik pada tempat wisata kuliner Jogja ini dalam menyajikan kopi. Sehingga segelas kopi yang dijual dengan harga Rp. 5.000 tersebut, dinamakan “Kopi Joss”.

Selain kopi unik tersebut, seperti umumnya angkringan Jogja, tempat ini juga menjual berbagai jenis makanan lain dengan harga Rp. 10.000. ke bawah.

3. Sate Klatak Pak Pong

Sate Klatak Pak Pong
Sate Klatak

Banyak tempat yang menjual makanan lezat di Jogjakarta, termasuk hidangan sate dan gulai. Bertempat di Jl. Sultan Agung No.18, Jejeran II, Wonokromo, Kec.

Pleret, Bantul, sebuah rumah makan yang menjadi salah satu tujuan wisata kuliner Jogja, menyajikan sate dengan cara yang unik.

Kalau pada umumnya sate ditusuk dengan menggunakan tusukan yang terbuat dari bilah bambu atau kayu, maka pada Rumah Makan Sate Klathak Pak Pong, menyajikan sate yang ditusuk pada jeruji sepeda yang terbuat dari logam.

Hasilnya, sebuah hidangan sate kambing dengan tekstur daging yang empuk dan matang, berpadu dengan rasa bumbu yang meresap.

Menawarkan harga jual makanan maupun minuman di bawah Rp. 30.000, ditambah dengan kelezatan menu makanan yang disajikan, membuat tempat wisata kuliner Jogja ini, menjadi salah satu yang menjadi tempat yang cocok untuk bersantai bersama keluarga, sembari menikmati sate maupun gulai khas Jogja.

- Iklan -

Penutupan

Itulah beberapa kuliner Jogja paling enak yang wajib kamu coba. Terima kasih sudah berkunjung di situs kami jika ada yang ingin disampaikan bisa hubungi kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk Follow Instagram,Twitter dan Facebook kami.