Tempat Wisata Kuliner di Kota Bogor yang Wajib Kamu Coba

Tempat Wisata Kuliner di Kota Bogor yang Wajib Kamu Coba
Jembatan Merah | Resource @oki_nopiyansyah16

Sebagai salah satu kota wisata, Bogor yang dikenal sebagai ‘Kota Hujan” memiliki beberapa spot makan yang menarik untuk dikunjungi pada saat malam hari. Bagi pencinta wisata kuliner Bogor, berikut ini tempat-tempat menarik untuk menikmati berbagai macam makanan yang memiliki keunikan citra rasa tersendiri.

Bagi Anda yang sering bepergian ke Bogor dengan menggunakan transportasi kereta listrik, tentu sudah tidak asing dengan tempat yang bernama “Jembatan Merah”. Tidak jauh dari pintu keluar Stasiun Bogor, yang berada di depan Penjara Paledang, ada jembatan dengan tulisan “Jembatan Merah” besar pada bagian atas pembatas jembatan.Setelah Anda melintasi jembatan tadi, maka ada Anda akan menemui sederetan gedung kuno di sebelah kiri jalan. Di sinilah terletak salah satu spot wisata kuliner Bogor, di emperan ruko kuno tersebut.

Bila Anda melintas pada siang hari, tempat ini terlihat biasa saja, seperti pusat keramaian lain pada umumnya. Namun jika Anda datang setelah matahari terbenam ke tempat ini, maka suasana semarak dan ramai pedagang makanan maupun pembeli akan sangat terasa. Hal ini juga yang membuat lokasi ini menjadi salah satu titik rawan kemacetan lalu lintas di Kota Bogor.

Di antara puluhan penjaja makanan kaki lima yang terdapat pada tempat kuliner Jembatan Merah, ada dua makan khas favorit pengunjung lokasi tersebut, yaitu Bubur Ayam, Doclang dan Tauge Goreng.

1. Bubur Ayam Jembatan Merah

1. Bubur Ayam Jembatan Merah
Bubur | Resource Canva

Bubur Ayam Jembatan Merah sudah sangat populer keberadaannya bagi sebagian besar masyarakat Bogor, sehingga beberapa gerobak penjual bubur ayam yang berada di lokasi wisata kuliner Bogor ini, selalu ramai pengunjung setelah malam hari tiba. Tidak hanya pengunjung dari luar Kota Bogor, warga setempat di seputaran lokasi ini, juga sangat menyukai makanan ini.

Jika dilihat sekilas, Bubur Ayam Jembatan Merah, hampir tidak ada bedanya dengan bubur ayam yang lain. Bubur nasi, dengan kuah kari ayam, ditambah topping serpihan daging ayam, kacang kedelai, kerupuk, emping melinjo, ditambah taburan seledri dan kecap manis. Semua bahan tersebut diramu dalam 1 porsi bubur ayam.

Namun pada saat suapan pertama tiba di mulut Anda, akan terasa aroma khas pandan wangi berpadu dengan aroma kaldu ayam dan kerupuk khas bubur ayam. Hal itulah yang menjadi kekhasan cita rasa Bubur Ayam Jembatan Merah, dibandingkan dengan bubur ayam lainnya.

Dengan kelezatan rasa, maupun harganya yang bersahabat yaitu 10 ribu rupiah per porsinya, membuat tidak sedikit pengunjung yang nambah pada saat menikmati hidangan tersebut.

Baca Juga: Resep Tahu Bulat Renyah dan Lembut, Cuma 7 Bahan

2. Doclang 405

2. Doclang 405
Doclang 405 | Resource @makanhalalbogor

Selain bubur ayam, makanan yang mirip dengan ketoprak ini, juga merupakan salah satu menu favorit pada tempat wisata kuliner Bogor yang berlokasi tidak jauh dari Stasiun Bogor.

Buat yang belum kenal Doclang, banyak yang menyangka makanan ini adalah Ketoprak, pada saat pertama kali melihatnya. Namun setelah hidangan tersaji, barulah terlihat, kalau pada Doclang tidak ada mihun, dan ada bahan tambahan lain yang tidak terdapat pada ketoprak, seperti, irisan kentang rebus dan telur rebus.

Uniknya lagi, lontong yang digunakan pada Doclang, dibungkus dengan menggunakan daun patat, sehingga memberikan aroma rempah yang unik pada makanan ini.

Dari beberapa penjual doclang di Jembatan Merah, yang paling terkenal adalah Doclang 405. Kebanyakan pengunjung lokasi kuliner yang suka dengan jenis makanan ini, membeli makanan tersebut di tempat tadi.

3. Tauge Goreng

3. Tauge Goreng
Tauge Goreng | Resource @ekowedykuncoro

Kalau Anda berkunjung ke Bogor, belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas kota hujan ini. Walaupun cara memasaknya dengan direbus, namun karena menggunakan wajan, makanan ini tetap disebut Tauge Goreng.

Tauge Goreng Jembatan Merah memang tidak setenar dengan makanan sejenis yang di jual juga di Jl. Surya Kencana, Bogor, namun kehadiran pedagang Tauge Goreng di lokasi wisata kuliner Bogor ini, dapat melengkapi sajian khas kota hujan. Dengan harga yang cukup murah, tidak sampai 10 ribu Rupiah, makanan ini cocok dimakan sebagai camilan berat untuk menunda lapar. Jadi kalau Anda berwisata kuliner ke Jembatan Merah, bersama kerabat atau relasi dengan selera yang berbeda-beda, jangan khawatir untuk kehabisan pilihan menu khas Bogor, di sana.

Terima kasih sudah berkunjung di situs kami jika ada yang ingin disampaikan bisa hubungi kami. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Jangan lupa untuk Follow instagram dan Twitter kami.