Resep Pie Susu Teflon Anti Gagal, Rasanya Lembut dan Lezat

Resep Pie Susu Teflon Anti Gagal, Rasanya Lembut dan Lezat

Resep pie susu, pasti dari kalian ngga asing sama jajanan yang satu ini, merupakan jajanan khas asal dari Bali yang sangat populer, biasanya untuk mendapatkan kue ini kamu harus mencarinya di pasar atau toko kue basah.

Tapi bagi kamu tidak bisa keluar rumah karan ada wabah covid-19 tenang saja kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Untuk cara membuat nya sangat mudah tidak perlu mengunakan mixer atau oven cukup pakai teflon saja sudah bisa dan harga dari bahan nya tergolong murah.

Bahan-bahan Pei Susu

Bahan Kulit Pei:

  • 10 Sendok makan tepung terigu protein sedang.
  • 5 Sendok makan margarine.
  • 1 Sendok makan gula halus/ gula pasir yang dihaluskan.
  • 1 Butir kuning telur.

Bahan Vla:

  • 1/2 Sendok teh garam.
  • 10 Sendok makan Air.
  • 12 Sendok makan kental manis putih.
  • 2 butir telur.
  • 2 Sendok makan tepung maizena/tepung jagung.

Alat Yang Digunakan:

  • Teflon.
  • Sendok.
  • Garpu.
  • Wadah. (Mangkuk besar atau baskom)

Cara Membuat Pei Susu

Cara Membuat kulit Pei:

1. Langsung aja kita ke cara membuatnya yang pertama saya akan memasukkan 10 sendok makan tepung terigu protein sedang, selanjutnya kita tambahkan gula halus untuk gula halus nya ini saya gunakan satu sendok makan aja untuk gulanya ini semakin menambah rasa nya aja misalnya temen-temen tidak mau menambahkan gula nya juga boleh nggak masalah.

Selanjutnya kita masukkan margarin kita ambil sebanyak 5 sendok makan, kemudian kita tambahkan bahan yang terakhir yaitu kuning telur jadi kita tambahkan hanya kuning telurnya aja aduk rata terlebih sampai menjadi butiran-butiran gitu, kalau sudah seperti ini langsung aja saya aduk menggunakan tangan mengaduk nya tidak perlu terlalu kuat cukup sampai tercampur rata saja pokonya sampai adonan kalis.


2. Kalau sudah kalis adonan nya kemudia siap untuk kita cetakannya di teflon. sebelum di cetak di teflon kita olesi terlebih dahulu dengan margarin kemudian kita cetak lalu masukan adonan kedalam teflon lalu kita pipihkan atau kita tekan- tekan menggunakan sendok untuk kulit pei nya ini jangan terlalu tebal dan jangan teralalu tipis, kalau tipis nanti mudah patah kalau misalnya terlalu tebal nanti takutnya agak cepat melempem atau alot gitu.

Resep Pie Susu Teflon Anti Gagal, Rasanya Lembut dan Lezat

Kalau adonan yang di cetak sudah terlihat rata dan rapi, tusuk bagian bawahnya dengan garpu supaya nanti kulit nya ini tidak bergelembung atau bergelombang gitu ketika kita panggang, tusuk nya menggunakan garpu seperti foto dibawah ini, buat temen-temen di kosan tidak ada garpu bisa menggunakan tusuk gigi, setelah ditusuk dengan garpu kemudian kita sisihkan terlebih dahulu.

Resep Pie Susu Teflon Anti Gagal, Rasanya Lembut dan Lezat

Cara Membuat Vla:

1. Selanjutnya kita akan membuat vla. Siapkan wadah, lalu kita akan masuk 2 sendok makan tepung maizena atau biasanya kita sebut dengan tepung jagung, kemudian kita tambahkan air sebanyak 10 sendok, aduk mengunakan whisker atau bisa juga pakai sendok aduk-aduk rata sampai semuanya tercampur rata.

kemudian kita tambahkan setengah sendok teh garam ini juga untuk penyeimbang rasa, setelah itu masukan 12 sendok makan susu kental manis kalau misalkan teman-teman mau lebih manis lagi bisa ditambahkan maksimal sekitar 20 sendok makan Tapi menurut saya sekitar 12 sampai 14 sendok makan sudah cukup manisnya.


2. Setelah ditambahkan kita akan aduk rata semuanya ini, kemudian setelah kita aduk rata tambahkan telur yang udah kita siapkan tadi yaitu sebanyak 2 butir telur utuh setelah 2 butir telur untuk kita masukkan kita akan kocok rata semuanya, kemudian kita tambahkan vanilla bubuk secukupnya sekitar 1/4 sendok teh tujuan nya agar tidak terlalu bau telur, kemudian aduk kembali sampi tercampur rata.

Kalau semua langkah membuat vla sudah dilakukan kemudian kita akan tuangkan vla nya dia atas kulit pei, untuk menungkan nya sambil disaring ya supaya bagian vla nya benar-benar halus jadi tidak ada bagian yang bergerindil. Setelah sudah dituang vla nya lalu kita nyalakan api yang sangat kecil sekali selama kurang lebih 15-20 menit.


3. Jangan lupa untuk teflon nya tutup, jika nanti ada gelembung-gelembung kecil gitu disini akan saya sering terlebih dulu supaya lebih halus nanti hasilnya, Jadi kalau menggunakan teflon saran aku sih lebih baik sering-sering dilihat ya untuk memanggang dengan teflon ini pastikan bener-bener kecil supaya bagian bawahnya nggak cepat gosong tapi vla nya belum matang, untuk tutupnya ini kalau misalnya basah teman-teman bisa angkat dulu kemudian dilap saja supaya airnya tidak menetes ke bagian vla.

ini aku memanggang sekitar 20 menitan, setelah 20 menit seperti ini coba kita tes dulu untuk bagian atas vla nya, biasanya akan saya ambil sendok kemudian saya tempel-tempel kalau udah nggak menempel berarti dia udah matang, kemudian ini akan kita biaarkan dulu hingga dingin supaya pei susu nya benar-benar kokoh terlebih dulu biasanya kalau misalnya langsung kita pindahkan itu akan mudah sangat amat mudah pecah dan jadi nya itu tidak cantik.

Video Cara Membuat Pei Susu Teflon:

Penutupan

BBegitulah cara pembuatan bakpia isi kacang hijau. Selamat mencoba!. Terima kasih yang sudah berkunjung di Aroma Rasa.

Baja Juga: Resep Bakpia Teflon Isi Kacang Hijau Sederhana, Rasanya Enak dan Lembut