Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana, Cocok Untuk Ide Jualan Disaat Bulan Puasa

Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana, Cocok Untuk Ide Jualan Disaat Bulan Puasa

Resep kue lumpur kentang, salah satu kue basah yang populer sekali karana meiliki rasa yang lembut dan enak, biasanya kue ini disajikan pada saat acara kumpul kelurga tau acar arisan.

Untuk dibulan puasa kue lumpur ini banyak sekali dijadikan takjil untuk berbuka puasa jadi cocok banget resep yang aku bagikan ini untuk ide dijual selama bulan puasa ini. Langsung aja simak resep dibawah ini.

Bahan-bahan Kue Lumpur Kentang

Simak baik-baik bahan dibawah ini ya. Untuk topping nya itu selera kamu saja ya, tapi kalau aku sendiri pakai topping kismis.

Bahan Adonan Kue Lumpur:

  • 2 Butir Telur.
  • 120 Gr Gula Pasir = 8 sendok makan penuh.
  • 250 Gr Kentang (kukus hingga lembut, haluskan)  2 buah kentang ukuran sedang.
  • 1 Sendok Makan Susu Kental Manis.
  • 125 Gr Tepung terigu = 12 1/2 Sendok Makan Penuh.
  • 1/2 Sendok Teh Garam.
  • 1/2 Sendok Teh Vanili Bubuk.
  • 250 Ml Santan (1 Gelas Belimbing).
  • 50 Gr Margarin (cairkan) = Jadi 8-10 Sendok Makan Setelah Dicairkan.

Topping Kue Lumpur:

  • Kismis.
  • Meses Ceres.
  • Keju Parut.
  • Potongan Buah Nangka.
  • Choco Chips.

Cara Lengkap Membuat Kue Lumpur Kentang:

1. Pertama-tama siapkan blender lalu masukkan 2 butir telur telurnya ukuran sedang ya, lalu masukkan 120 gram gula pasir Kalau ukuran sendok ini sekitar 8 sendok makan penuh, lalu masukkan 250 gram kentang yang sudah dikukus hingga lembut untuk ukuran kentangnya ini 2 buah kentang ukuran sedang nya, lalu Masukkan satu sendok makan susu kental manis atau krimer kental manis.

2. Lalu masukkan 125 gram tepung terigu sekitar 12 setengah sendok makan penuh penuhnya nggak sampai menggunung tinggi ya tapi cembung munjung, lalu masukkan setengah sendok teh garam setengah sendok teh vanili bubuk, 250 ml santan kekentalan sedang atau sekitar 1 Gelas Belimbing penuh.


3. Kemudian ini diblender hingga semua bahan tercampur rata blender nya jangan terlalu lama dan jangan terlalu kencang supaya ketika memasak nanti nggak muncul pori-pori di atas kue ya, setelah adonan tercampur rata masukkan margarin yang telah dicairkan sebelumnya 50 gram kalau untuk takaran sendok setelah dicairkan seperti ini jadi 10 sendok makan penuh ya.

4. Kemudian ini diblender lagi Hingga tercampur rata Jadi kalau nggak ada blender ini boleh diaduk menggunakan whisk untuk kentangnya boleh dihaluskan menggunakan ulekan tapi ulekan nya dilapisi plastik ya, boleh juga menggunakan garpu jadi sesuai selera aja ya mau pakai blender atau pakai whisk, setelah tercampur rata Matikan blender lalu tuang adonan ke dalam wadah selanjutnya ini siap untuk dimasak.


5. Udah enggak ada bahan yang bergerindil, untuk toppingnya saya gunakan kismis ini kismisnya agak kering Jadi kalau kering boleh direndam menggunakan air hangat rendam sebentar aja sekitar 3 hingga 5 menit agar Kismis nya ini lebih mengembang ya, untuk topping yang digunakan sesuai selera boleh pakai keju parut, nangka atau cokocip jadi sesuai selera.

6. Selanjutnya siapkan cetakan kue lumpur nya Nyalakan apinya kecil aja ini saya gunakan api yang kecil banget agar tidak mudah gosong lalu cetakan diolesi dengan margarin tipis-tipis aja. Kalau cetakan sudah panas tuang adonan, ini dituang nya sampai setengah cetakan atau 3/4 aja ya jangan sampai penuh karena nanti ketika proses memasak ini kuenya akan sedikit mengembang ke atas Jadi kalau terlalu mengembang ke atas dia akan lengket ke tutupnya.


7. Kemudian cetakan nya ditutup, jadi mau masaknya harus sabar api nya jangan dibesarkan ya cukup kecil aja supaya kuenya ini matangnya merata dan tidak gosong. Setelah bagian atas kuenya ini sedikit mengering taburi topping ini saya taburi kismis yang sudah direndam air hangat sebelumnya jadi kalau mau pakai topping keju parut atau nangka atau chocochips boleh ya.

8. Setelah ditaburi topping kemudian ini cetakannya ditutup kembali lalu, ini di masak hingga matang dan bagian atasnya ini mengering sambil proses memasak ini bisa lihat kuenya ini mengembang ke atas Jadi kalau menuang nya terlalu penuh ini akan mengembang lebih tinggi lagi dan akan mengenai tutup cetakan, tutup cetakannya boleh di lap menggunakan kain kering jika sudah berkeringat lalu ini ditutup kembali cetakan nya ini boleh diputar agar matangnya merata.

Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana, Cocok Untuk Ide Jualan Disaat Bulan Puasa

9. setelah bagian atas kuenya ini kering ini udah matangnya setan juga pinggirannya udah kuning kecoklatan jadi ini kuenya udah benar-benar matang ya kemudian matikan api kompor nya agar proses memasaknya selesai keluarkan kue dari cetakan, selanjutnya oleh si lagi cetakan menggunakan margarin ini diolesi tipis tipis aja nyalakan apinya kecil jadi proses memasaknya sama dengan sebelumnya ya tuang lagi sisa adonan begitu seterusnya hingga seluruh adonan selesai dimasak ya.

Selesai! kue lumpur siap disajikan.

Resep Kue Lumpur Kentang Sederhana, Cocok Untuk Ide Jualan Disaat Bulan Puasa
Kue Lumpur Kentang tanpa topping.

Video Cara Membuat Kue Lumpur

Penutupan

Begitulah cara pembuatan Kue Lumpur kentang. Selamat mencoba!. Terima kasih yang sudah berkunjung di Aroma Rasa.

Baca Juga: Resep Pisang Nugget Crispy, Hasilnya Lembut dan Enak Dengan Aneka Varian